Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

5 Macam Jenis Sumber Penghasilan Bisnis

maswijaba.my.id

1 Agustus 2020 ー Beberapa hari yang lalu, Mastah Thobroni Ali sharing di grup 'Covert Selling Mastery'. Temanya menarik sekali, yaitu tentang macam-macam sumber penghasilan. Sebelumnya saya pernah mendengar ini tahun lalu dari salah satu guru internet marketing saya.


Pendapatan (revenue) atau sumber penghasilan dalam arti luas adalah penghasilan yang diperoleh masyarakat (baik perorangan maupun perusahaan) atas prestasi kerjanya dalam periode tertentu, baik harian, mingguan, bulanan maupun periode tahunan. Pendapatan merupakan salah satu unsur penting dalam pembentukan laba rugi perusahaan.

Postingan mastah inipun kembali me-refresh kembali ingatan saya mengenai sumber penghasilan yang pernah saya dengar sebelumnya, adapun isi yang beliau sampaikan sebagai berikut.

# Income Harian

Income harian sebaiknya dihasilkan dari bisnis utama kita (ini hanya saran). Core Business kita mempunyai cashflow harian. Penjualan harian yang dibayar mundur atau dibayar bulanan tidak disarankan. Karena cashflow adalah nafas bisnis.

Income harian digunakan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, misalnya untuk beli bensin, belanja kebutuhan sehari-hari dan pengeluaran harian lainnya.

# Income Mingguan

Penghasilan ini bisa kita ciptakan dari bisnis yang cashflownya harian namun kita ambil mingguan. Atau bisa kita ambil dari bisnis franchise yang sudah tersistem atau deviden bisnis partnership.

# Income Bulanan

Kita biasanya punya pengeluaran bulanan seperti bayar listrik, air, telepon, TV Kabel, SPP Sekolah dan lain-lain. Nah income bulanan bertugas mengcover pengeluaran ini.

Sumbernya bisa dari gaji kita atau dari bisnis kita sendiri, karena kita terlibat aktif di dalamnya atau profit bisnis yang kita ambil setiap bulannya. Bisa juga dari properti seperti rumah kos atau kontrakan bulanan dan lain-lain.

# Income Tahunan

Setiap tahun kita pun punya pengeluaran. Seperti momen lebaran, mudik tahunan, dll.

Pengeluaran ini bisa kita cover dari rumah yang di kontrakan, share profit condotel, perkebunan atau bisnis yang kita ambil profitnya setiap 1 tahun sekali.

# Income Dadakan

Pengeluaran dadakan seperti biaya rumah sakit, hadiah, liburan, dll. Bisa kita cover dari bisnis yang sifatnya insidentil namun besar. Seperti menjadi broker properti, google adsense, project insidentil, dll. Kecuali jika memang bisnis tersebut adalah bisnis utama kita.

Pertanyaannya: Apakah dengan pola seperti itu kita harus menciptakan bisnis kecil-kecil dengan jumlah banyak?

Jawabannya tidak harus. Arus income-nya yang kita atur. namun jika punya beberapa bisnis atau cabang dengan peruntukan beda, tidak masalah. (Arief Maulana)

Semoga bermanfaat terimakasih teman-teman online, semoga sukses dengan bisnis yang sedang di kelola.

Post a Comment for "5 Macam Jenis Sumber Penghasilan Bisnis"