Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Soal dan Jawaban UTS Rekayasa Perangkat Lunak

maswijaba.my.id

1. Tentukan daftar kebutuhan fungsional dan nonfungsional:

Kebutuhan fungsionalnya adalah sebagai berikut:

1.) Admin
  • Pengolahan data armada.
  • Pengolahan data customer.
  • Pengolahan data jabatan.
  • Pengolahan data jadwal.
  • Pengolahan data kantor.
  • Pengolahan data karyawan.
  • Pengolahan data reservasi.
  • Pengolahan data rute.
  • Pengolahan data wilayah.
2.) Pengguna
  • Form login.
  • Form membuat akun.
  • Tampilan proses reservasi travel.
  • Tampilan proses sewa armada.
  • Tampilan profil pengguna.
  • Tampilan tentang sistem reservasi.
  • Tampilan riwayat reservasi.
  • Tampilan detail riwayat reservasi.

Kebutuhan non fungsionalnya adalah sebagai berikut:

1. Operasional
a.) Perangkat keras yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini berupa sebuah laptop dengan spesifikasi sebagai berikut :
  • Processor : Intel(R) Core(TM) i3
  • Hardisk : 500 GB
  • RAM : 8 GB
  • LCD : 14”
b.) Perangkat lunak yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini sebagai berikut :
  • Windows sebagai Sistem Operasi
  • Android Studio versi 3 sebagai editor Bahasa Pemrograman Java
2. Keamanan
Sistem aplikasinya maupun databasenya dilengkapi dengan password.
3. Informasi
  • Menampilkan prosedur pendaftaran/ registrasi
  • Menampilkan informasi tentang cara pemesanan
  • Menghasilkan laporan pemesanan tiket travel

2. Pilih sebuah kegiatan bisnis, jelaskan proses bisnisnya!

Kegiatan Bisnis : Bisnis Sistem Informasi Manajemen Perumahan .
Proses Bisnis:

1. Booking fee

Sebagai tahap awal, transaksi pemesanan biasanya dilakukan pada saat launching atau pameran perumahan dan konsumen membayar booking fee dengan konsekuensi hukum, yaitu jika dalam waktu tertentu (biasanya 14 hari), maka booking fee -nya hangus dan tidak dapat dikembalikan. Untuk itu, sangat penting diperhatikan bahsa kata-kata yang terdapat dalam surat pesanan (booking fee letter), harus jelas dan tegas, agar tidak menimbulkan interpretasi ganda yang akan membuat perselisihan di kemudian hari.

2. Melengkapi dan Menyerahkan Berkas KPR (Data Pribadi dan Persyaratan)

Setelah pada tahapan biaya pemesanan, 1-2 hari kemudian konsumen akan dihubungi oleh petugas guna mengkonfirmasi data-data dan membantu konsumen dalam melengkapi persyaratan dan data pengunjung yang dibutuhkan. Dan selambat-lambatnya dalam waktu 2 (dua) minggu dari tanggal pemesanan, semua berkas dan kelengkapan persyaratan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) tersebut sudah harus diserahkan.

3. Melunasi Uang Muka, Biaya Strategis dll

Sesuai dengan ketentuan dalam daftar harga dan harga jual yang ada, konsumen mempunyai kewajiban melunasi uang muka pembelian rumah tersebut beserta biaya-biaya lain (Biaya Proses KPR, Biaya Strategis, dll) sesuai dengan jadwal pembayaran yang telah konsumen sepakati dalam Surat Pemesanan Rumah (SPR).
Pembayaran ini dapat konsumen lakukan pada petugas yang ada di lokasi perumahan ataupun melalui transfer, konfirmasi atas pembayaran yang konsumen lakukan, hubungi petugas yang bersangkutan dan pastikan konsumen mendapat bukti pembayaran yang sah.

4. Interview (Wawancara) dengan Pihak Bank

Konsumen akan di undang untuk mengikuti proses interview/wawancara dengan pihak Bank pemberi KPR, sebagai prosedur pengajuan kredit. Sekaligus memberitahukan mengenai hari, tanggal dan lokasi interview. Pemberitahuan ini maksimal 2 hari sebelum diselenggarakan.
Setelah calon konsumen dinilai layak untuk menerima fasilitas pinjaman KPR, maka pihak Bank akan menerbitkan SP3K (Surat Penegasan Persetujuan Pemberian Kredit). Dimana SP3K ini akan muncul jumlah kredit yang disetujui, jangka waktu kredit, nilai angsuran, termasuk biaya yang timbul dari proses pengajuan KPR (Biaya Notaris, Apraisal, Provisi Bank, Asuransi jiwa dan bangunan) biaya proses ini wajib disetorkan dalam rekening masing-masing konsumen.

5. Akad Kredit

Konsumen akan di hubungi unuk konfirmasi mengenai hasil wawancara dengan pihak Bank tersebut, dan apabila disetujui konsumen akan di undang sekali lagi untuk meingikuti proses Akad Kredit.

6. Penyerahan Kunci

Untuk pengambilan kunci konsumen harus dating ke lokasi perumahan dan memeriksa rumah yang telah konsumen beli tersebut. Untuk menjamin kelayakan unit rumah yang konsumen beli, Developer memberikan garansi selama 100 hari.

Post a Comment for "Soal dan Jawaban UTS Rekayasa Perangkat Lunak"