Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Soal dan Jawaban UTS Etika Profesi Universitas Pamulang Semester 8

 maswijaba.my.id

1. Jelaskan yang anda ketahui tentang;

a. Etika, suatu norma atau aturan yang dipakai sebagai pedoman dalam berperilaku di masyarakat bagi seseorang terkait dengan sifat baik & buruk.

b. Etika Profesi, suatu sikap etis yang dimiliki seorang profesional sebagai bagian integral dari sikap hidup dalam mengembang tugasnya serta menerapkan norma-norma etis umum pada bidang-bidang khusus (profesi) dalam kehidupan manusia.

c. Profesional, orang yang memiliki profesi atau pekerjaan yang dilakukan dengan memiliki kemampuan yang tinggi dan berpegang teguh kepada nilai moral yang mengarahkan serta mendasari perbuatan.

d. Standar Profesi, Semua profesional dalam melaksanakan pekerjaannya harus sesuai dengan apa yang disebut standar (ukuran) profesi.

2. Tahukah anda yang dimaksud dengan Audit Teknologi Informasi, dan mengapa diperlukan adanya Audit Teknologi informasi?

Audit Teknologi Informasi merupakan audit komputer yang banyak dipakai untuk menentukan apakah aset sistem informasi perusahaan itu telah bekerja secara efektif dan integratif dalam mencapai target organisasinya. Kenapa diperlukan audit TI? Karena audit TI ini mengumpulkan bukti-bukti yang memadai melalui survey, wawancara, observasi dan review dokumentasi, jadi sangat diperlukan ketika menerapkan audit TI.

3. Di setiap lembaga/institusi profesi selalu memiliki kode etik sesuai dengan bidang profesionalitas masing-masing. Untuk apa diterapkan kode etik di setiap lembaga tersebut? Jelaskan menurut pendapat anda!

Diterapkannya kode etik itu merupakan pedoman sikap, tingkah laku dan perbuatan pegawai dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi serta pergaulan hidup sehari-hari yang bertujuan untuk menjaga martabat dan kehormatan pegawai, bangsa, dan negara.

4. Apa yang anda ketahui dengan E-Commerce? Dan jelaskan kelebihan dan kekurangan penggunaan bisnis dengan E-Commerce!

E-commerce merupakan aktivitas penyebaran penjualan, pembelian, pemasaran produk dengan memanfaatkan jaringan internet dan jaringan komputer. Kelebihannya; dapat menjangkau pasar global, tanpa harus inventasi yang besar. Kelemahannya; arna dan kualitas produk yang dijual belum tentu sama antara foto yang ditampilkan di website dengan produk asli.

5. Setiap profesi memiliki karakteristik yang berbeda-beda, namun memiliki cirri-ciri profesionslisme yang sama. Sebutkan cirri-ciri profesionalisme tersebut!

  • Memiliki kemampuan dan pengetahuan yang tinggi
  • Memiliki kode etik
  • Memiliki tanggung jawab profesi serta integritas yang tinggi
  • Memiliki jiwa pengabdian kepada masyarakat Memiliki kemampuan yang baik dalam perencanaan program kerja

6. Prinsip-prinsip HAKI terdiri dari prinsip ekonomi, prinsip keadilan, prinsip kebudayaan, dan prinsip social. Jelaskan masing-masing keempat prinsip tersebut!

  • Prinsip Ekonomi, berasal dari kegiatan kreatif dari daya pikir manusia yang memiliki manfaat serta nilai ekonomi yang akan memberi keuntungan kepada pemilik hak cipta.
  • Prinsip Keadilan, suatu perlindungan hukum bagi pemilik suatu hasil dari kemampuan intelektual, sehingga memiliki kekuasaan dalam penggunaan HAKI terhadap karyanya.
  • Prinsip Kebudayaan, pengembangan dari ilmu pengetahuan; sasta dan seni guna meningkatkan taraf kehidupan serta akan memberikan keuntungan bagi masyarakat, bangsa dan negara.
  • Prinsip Sosial, mengatur kepentingan manusia sebagai warga negara; sehingga hak yang telah diberikan oleh hukum atas suatu karya merupakan satu kesatuan yang diberikan perlindungan berdasarkan keseimbangan antara kepentingan individu dan masyarakat lingkungan.

7. Dalam upaya mencegah dan menanggulangi tindak pidana Cyber crime, maka perlu adanya Undang-undang yang mengatur akan hal tersebut. Undang-undang mana saja yang mengatur tindak kejahatan tersebut?

  • Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Internet & Transaksi Elektronik (ITE)
  • Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2002 Tentang Hak Cipta
  • Undang-Undang Nomor 36 Tahun 1999 Tentang Telekomunikasi
  • Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2003 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana terorisme

Post a Comment for "Soal dan Jawaban UTS Etika Profesi Universitas Pamulang Semester 8"