Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Langkah Tepat Untuk Mencari Topik Penelitian Dengan Benar

maswijaba.my.id

Topik Penelitian rasanya sudah tidak asing di telinga para mahasiswa dan mahasiswi. Topik penelitian merupakan pokok dari penelitian atau pembicaraan dalam penulisan artikel ilmiah.


Topik penelitian berada sebelum seseorang melakukan penelitian, karena topik penelitian menjadi landasan dasar kegiatan penelitian yang di lakukan.

Mungkin untuk para mahasiswa dan mahasiswi yang masih asing dengan topik penelitian mereka bingung bagaimana untuk memulai sebuah pencarian topik yang akan dia teliti.

Maka dari itu disini saya akan memberikan tips bagaimana mencari atau mendapatkan topik penelitian dengan benar dan tepat pastinya, agar kalian termotivasi nanti ataupun yang lagi semester akhir sekarang.

Nah ini dia Langkah Tepat Untuk Mencari Topik Penelitian Dengan Benar yang pertama yaitu:

Niat & motivasi

Tanpa adanya niat, jangan pernah bermimpi untuk dapat mengerjakan sesuatu dengan baik. Awali niat yang baik, insyaAllah kedepannya juga akan baik. Dan jangan pernah berharap mendapatkan sesuatu yang memuaskan tanpa motivasi. Semua berawal dari niat dan motivasi. Kita harus memilikinya. Kalo niat kalian dari awal malas, yasudah tidak usah skripsi.

Kenali Diri Sendiri

Apa minat awal kita? Ini penting ya, mengenali siapa diri kita dan apa minat kita. Apa yang paling kita sukai di dalam jurusan kita. Yang paling mendekati minimal. Jangan sampai ragu terhadap minat kita.

Jika sudah mengenali minat kita, maka kita akan gampang menemukan ide. Bisa memberi kontribusi dan pengaruh terhadap diri kita, orang lain maupun tempat penelitian yang kita akan telusuri.
Dan jika diawali dengan minat, maka akan lebih mudah kita menyajikan sesuatu.

Membaca Skripsi Senior di Perpustakaan Kampus Kalian.

Menurut saya, perpustakaan merupakan jendela untuk melihat lebih luas. Dengan membaca skripsi terdahulu, kita akan terbayang tentang apa yang menarik untuk kita teliti.

Jangan ke perpustakaan hanya ingin melihat lawan jenis yang wara-wiri. Sama sekali jangan.
Kalau belum sempat kepikiran ide, setidaknya baca aja dulu. Biasanya jika sudah membaca, akan dengan mudah bayangan kedepannya nanti.

Amati apa saja kekurangan dari skripsi terdahulu, liat bagian saran agar kita bisa mengembangkan penelitian lanjutan dengan hal yang lebih bagus dan menarik tentunya.

Membaca Jurnal Penelitian

Kalian bisa mencari di perpustakaan & di internet ada ratusan juta jurnal penelitian yang bisa kita baca dan dipelajari. File yang berbentuk PDF dan jangan lupa ambil yang dari universitas ternama. Tiap Universitas biasanya menerbitkan jurnal-jurnal terbaiknya. Atau mungkin dari Universitas kalian agar sama metode penulisannya. Memang inti dari mencari penelitian itu membaca.

Mencatat setiap ide-ide yang sudah didapat

Jangan meremehkan ide kita sekecil apapun itu. Jangan terlalu perfeksionis, semua akan berkembang pada waktunya.

Konsultasikan tiap ide-ide kecil tapi menarik kepada dosen kalian.

Bertukar Pikiran Dengan Alumni

Jangan menutup diri. Bertanyalah mengenai skripsi dan tugas akhir ke alumni satu kejuruan tapi ingat (jangan mau di modusin). Sharing dan minta pendapat

Cari tau kelebihan dan kekurangan tiap penelitian apa ke alumni, tanyakan.

Cari Sesuatu yang Baru

Isi penelitian kita dengan hal unik dan menarik. Ingat kita harus sensitif dan responsif terhadap apa yang sedang terjadi di lapangan.

Cari Skripsi Senior yang sama dengan Dosen Pembimbing kita

Ini sebuah andalan untuk menghindari revisi si haha. Percaya, deh. Karena kita bakal tau isi, metode, dan karakteristik skripsi itu

Jadinya, kita bisa melakukan hal yang sama. Biar gampang, ambil metode yang sama.

Nah bagaimana? Sebenarnya sangat mudah jika kita mau melakukannya dengan sungguh-sungguh. Kalo kalian malas sedikit saja, auto kelar gadikerjain dah pasti. Terimakasih, semoga lulus tepat pada waktunya.

Post a Comment for "Langkah Tepat Untuk Mencari Topik Penelitian Dengan Benar"