Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Makalah Software Perangkat Lunak - maswijaba

maswijaba.my.id


KATA PENGANTAR


Assalamualaikum Warakhmatullahi Wabarakkatu

Yang Terhormat Kepada Bapak Dosen Mata Kuliah Pengantar Aplikasi Komputer, Bapak Maulana Ardhiansyah


Pertama tama, Marilah kita panjatkan puja dan puji Syukur terhadap Allah SWT. Yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya kepada kita, sehingga kita masih dapat bertatap muka dan dapat mengerjakan tugas karya tulis ini dengan keadaan sehat wal afiat. Sholawat serta salam tetap kita curahkan kepada junjungan Nabi besar kita Nabi Muhammad SAW. Yang senantiasa mendoakan umatnya ke jalan kebaikan dan keselamatan dan semoga kita diberikan safa’atnya diyaumul kiyamah nanti.Amin.

Sehingga pembuatan serta penyusunan makalah tentang “Perangkat Lunak” ini dapat berjalan dengan baik dan lancar sehingga dapat terselesaikan. Di dalam makalah ini saya ingin menyampaikan sedikit tentang Software.

Terima kasih yang sebesar-besarnya saya ucapkan kepada:
  • Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan nikmatya kepada kita
  • Dosen Mata Kuliah Pengantar Teknologi Informasi, Bapak Heri Haerudin
  • Kedua Orang Tua yang telah mencintai dan selalu setia dan tak pernah lelah serta senantiasa mendukung,
  • Teman-teman dan semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu.
Harapan saya, semoga dengan pembuatan makalah ini kita dapat lebih lagi memperluas pengetahuan dan dapat lebih lagi dalam belajar dan menuntut ilmu sebanyak mungkin. Dan semoga dengan pembuatan makalah ini kita dapat berkaya dalam hal apapun khususnya dalam bidang tulis-menulis dan dapat bermanfaat senantiasa menjadi ajaran yang berarti dalam belajar untuk meraih prestasi yang gemilang.



Tangerang Selatan, 28 November 2016





Penulis







DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI 


BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
1.2 DEFINISI DAN PENGERTIAN PERANGKAT LUNAK

BAB II
PEMBAHASAN
2.1 JENIS-JENIS PERANGKAT LUNAK
2.2 PERANGKAT LUNAK BERBAYAR DAN BEBAS

BAB III
PENUTUP
3.1 KESIMPULAN
3.2 SARAN





BAB I

PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG

Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan kembali mengenai Software atau perangkat lunak adalah istilah khusus untuk data yang diformat, dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca, dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud. Istilah ini menonjolkan perbedaan dengan perangkat keras komputer.

Pembuatan perangkat lunak itu sendiri memerlukan "bahasa pemrograman" yang ditulis oleh programmer untuk selanjutnya di kompilasi dengan aplikasi kompiler sehingga menjadi kode yang bisa dikenali oleh mesin hardware.

1.2 DEFINISI DAN PENGERTIAN PERANGKAT LUNAK

Nama lain dari Software disebut juga dengan perangkat lunak. Seperti nama lainnya itu, yaitu perangkat lunak, sifatnya pun berbeda dengan hardware atau perangkat keras, jika perangkat keras adalah komponen yang nyata yang dapat diliat dan disentuh oleh manusia, maka software atau Perangkat lunak tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik, software memang tidak tampak secara fisik dan tidak berwujud benda tapi kita bisa mengoperasikanny, melalui sofware atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah.



BAB II

PEMBAHASAN

2.1 JENIS-JENIS PERANGKAT LUNAK

Software secara garis besar dapat dibagi menjadi 3 bagian. Berikut pembahasan jenis-jenis software :
OS (Operating System)

OS adalah software yang pertama kali harus di instal ke komputer. Sedangkan fungsi dari OS, yaitu mengelola hardware dan sofware yang ada pada komputer. OS ini juga akan berfungsi sebagai perantara antara aplikasi dengan hardware. Jadi ketika kita memberikan perintah dari sebuah aplikasi kepada hardware, perintah tersebut akan disampaikan ke OS terlebih dahulu, baru kemudian oleh OS disampaikan ke hardware. Misalnya, kita memberikan perintah print dari aplikasi Microsoft Word. Perintah tersebut akan disampaikan ke OS dahulu, baru kemudian oleh OS disampaikan ke Printer.

Contoh OS antara lain; DOS, Windows, Macintosh, Linux dll. Setiap masing-masing OS mempunyai kelebihan dan kekurangan, namun saat ini OS Windows masih paling banyak digunakan oleh masyarakat karena kemudahan dalam mengoperasikan dan perawatan.


Aplikasi atau Program

Software ini dibuat untuk tujuan tertentu. Maksud lain penciptaan software ini adalah untuk mempermudah pekerjaan manusia. Sekarang ini sudah banyak sekali aplikasi yang membantu pekerjaan manusia.

Aplikasi dapat dibagi menjadi beberapa macam berdasarkan fungsinya, adalah :

a. Pengolah kata

Aplikasi ini digunakan untuk membuat dokumen seperti surat, amplop, label, makalah dan sebagainya. Contoh aplikasi ini antara lain; Microsoft Word, Open Office Org. Writer dsb.

b. Pengolah angka

Aplikasi ini digunakan untuk mengolah angka dalam bentuk tabel dan grafik. Contoh aplikasi ini antara lain; Microsoft Excel, Open Office Org. Calc, Lotus dsb.

c. Pengolah presentasi

Aplikasi ini digunakan untuk membuat presentasi. Contoh aplikasi ini antara lain; Microsoft Power Point, Open Office Org. Impress, Macromedia Flash MX dsb.

d. Pengolah gambar

Aplikasi ini digunakan untuk mengolah gambar dan foto. Contoh aplikasi ini antara lain; Corel Draw, Adobe Potoshop dsb.

Perlu diketahui juga bahwa sebuah aplikasi biasanya hanya ditujukan untuk OS tertentu atau hanya mendukung OS tertentu. Contohnya; Microsoft Office yang hanya bisa di-instal di OS Windows. Tetapi ada juga aplikasi yang bisa di-instal di beberapa OS seperti aplikasi Mozilla Firefox yang bisa di-instal di Windows maupun Linux.

Bahasa Pemograman

Software ini digunakan untuk membuat aplikasi. Pengguna aplikasi ini biasa disebut dengan Programer. Jenis-jenis bahasa pemograman antara lain; Bahasa Assembly, Bahasa Fortran dan Bahasa Generasi Keempat. Bahasa jenis ini lebih mudah dipahami, karena menggunakan bahasa manusia seperti bahasa inggis. Contoh software ini, al; Visual Basic, Visual Foxpro, Java dsb.

2.2 PERANGKAT LUNAK BERBAYAR DAN BEBAS

Software atau perangkat lunak komputer berdasarkan distribusinya dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu software berbayar, software gratis atau free ( Freeware, free software, shareware, adware) . Berikut penjelasannya

Software berbayar merupakan perangkat lunak yang didistribusikan untuk tujuan komersil, setiap pengguna yang ingin menggunakan atau mendapatkan software tersebut dengan cara membeli atau membayar pada pihak yang mendistribusikannya. pengguna yang menggunakan software berbayar umumnya tidak diijinkan untuk menyebarluaskan software tersebut secara bebas tanpa ijin ada penerbitnya. contoh software berbayar ini misalnya adalah sistem microsoft windows, microsoft office, adobe photo shop, dan lain-lain.

Freeware atau perangkat lunak gratis adalah perangkat lunak komputer berhak cipta yang gratis digunakan tanpa batasan waktu, berbeda dari shareware yang mewajibkan penggunanya membayar (misalnya setelah jangka waktu percobaan tertentu atau untuk memperoleh fungsi tambahan). Para pengembang perangkat gratis seringkali membuat perangkat gratis freeware “untuk disumbangkan kepada komunitas”, namun juga tetap ingin mempertahankan hak mereka sebagai pengembang dan memiliki kontrol terhadap pengembangan selanjutnya. Sebuah contoh utama adalah suite browser dan mail client dan Mozilla News, juga didistribusikan di bawah GPL (Free Software).

Free Software lebih mengarah kepada bebas penggunaan tetapi tidak harus gratis. Pada kenyataannya, namanya adalah karena bebas untuk mencoba perangkat lunak sumber terbuka (Open Source) dan di sanalah letak inti dari kebebasan: program-program di bawah GPL, sekali diperoleh dapat digunakan, disalin, dimodifikasi dan didistribusikan secara bebas. Jadi free software tidak mengarah kepada gratis pembelian tetapi penggunaan dan distribusi.

Perbedaan yang nyata antara Free Software dan Freeware. Konflik muncul dalam arti kata free dalam bahasa Inggris, yang berarti keduanya bebas dan gratis. Oleh karena itu, dan seperti yang disebutkan sebelumnya, Free Software tidak perlu bebas, sama seperti Freeware tidak harus gratis.

Shareware juga bebas tetapi lebih dibatasi untuk waktu tertentu. Shareware adalah program terbatas didistribusikan baik sebagai demonstrasi atau versi evaluasi dengan fitur atau fungsi yang terbatas atau dengan menggunakan batas waktu yang ditetapkan (misalnya 30 hari) . Dengan demikian, memberikan pengguna kesempatan untuk menguji produk sebelum membeli dan kemudian membeli versi lengkap dari program. Sebuah contoh yang sangat jelas dari tipe ini adalah perangkat lunak antivirus.

Kita juga dapat menemukan perangkat lunak bebas sepenuhnya, namun termasuk dalam program periklanan, distribusi jenis ini disebut Adware. Sebuah contoh yang jelas adalah program Messenger dari Microsoft yang memungkinkan penggunaan perangkat lunak bebas dalam pertukaran untuk masuk dengan cara iklan banner atau pop-up.



BAB III

PENUTUP

3.1 KESIMPULAN

Sofware Komputer adalah Perangkat Elektronik yang canggih,dan akanterus berkembang, sehingga para ilmuwan pun belum menetapkan kapan berakhirnya teknologi Software komputer ini dan akan terusmengembangkannya, karena menurut para ilmuwan Komputer masih banyak Kekurangan.

3.2 SARAN

Tidak bisa diingkari bahwa dewasa ini perkembangan teknologi SoftwareKomputer semakin pesat. Oleh karena itu mudah-mudahan dengansemakin berkembangnya Teknologi Sofware Komputer Bisa membawaKemajuan IPTEK bagi bangsa ini, Khususnya bangsa Indonesia.

Post a Comment for "Makalah Software Perangkat Lunak - maswijaba"