Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Kuis Soal Dan Jawaban Etika Profesi Semester 8

maswijaba.my.id

Etika Profesi adalah salah satu mata kuliah di Universitas Pamulang satu-satunya mata kuliah yang menemani skripsi di semester 8 istilah nya nyelip. Mata kuliah etika profesi di nahkodai oleh bapak Sareno. Tugasnya mengisi soal di pertemuan-pertemuan satu semester.

PERTEMUAN 4

1. Istilah Cyber Crime bukanlah istilah yang tabu bagi dunia Informatika. Jelaskan secukupnya menurut pemahaman anda mengenai Cyber Crime tersebut?
Cyber Crime merupakan suatu tindak kejahatan yang tidak terlihat secara fisik di dunia maya, yang dianggap bertentangan atau melawan undang-undang yang berlaku.
2. Jelaskan isi psl 362/ KUHP yang mengatur tentang Carding, dan psl 406/KUHP yang mengatur tentang Hacking?
Pasal 362 KUHP tentang pencurian dengan pidana penjara paling lama lima tahun atau pidana denda paling banyak sembilan ratus juta rupiah. Pasal 406 KUHP dapat dikenakan pada kasus deface atau hacking yang membuat sistem milik orang lain tidak berfungsi, seperti website atau program atau dapat digunakan sebagaimana mestinya.

PERTEMUAN 5

1. Anda kenal istilah IT.Forensik? Sejauh mana dapat menjelaskan pengertian IT. Forensik?
IT Forensik yaitu penerapan sederhana dari penyidikan komputer dan teknik analisisnya untuk menentukan bukti-bukti hukum.
2. Dapatkah menyebutkan tiga tujuan IT. Forensik. Sebutkan berikut penjelasannya!
  • Untuk mendapatkan fakta-fakta dari sebuah insiden atau pelanggaran keamanan.
  • Untuk mendukung proses identifikasi bukti yang cepat.
  • Untuk mengamankan dan menganalisa bukti digital.
3. Jelaskanpula metodologi umum proses pemeriksaan insiden sampai keproses Hukum dengan IT. Forensik !
  • Pengumpulan data/fakta
  • Mendokumentasikan data/fakta
  • Mengurutkan berdasarkan waktu
  • Memvalidasi kejadian dengan metode sebab-akibat
  • Dokumentasi hasil dan menyusun laporan
  • Proses hukum.

PERTEMUAN 6

1. Salah satu bidang keahlian Teknik Informatika adalah Audit Teknologi Informasi, dan audit sistem informasi. Adakah pesamaan dan perbedaan antara keduanya? Jelaskan menurut pendapat anda!
Audit Teknologi Informasi yaitu bentuk pengawasan dan pengendalian dari aset-aset teknolgi informasi secara menyeluruh. Sedangkan Audit Sistem Informasi yaitu proses sistematis dalam mengumpulkan dan mengevaluasi bukti-bukti bahwa sistem informasi yang digunakan oleh organisasi telah dapat mencapai tujuannya. Jadi baik Audit Teknologi Informasi maupun Audit Sistem Informasi sama-sama melakukan pengawasan dan evaluasi tehadap masing-masing organisasi untuk mencapai tujuannya.
2. Audit sistem informasi dan Audit trknologi informasi memiliki peran yang sangat penting bagi organisasi dan lembaga-lembaga yang lain. Pendapat anda!
Ya, sangat berperan besar. Bagaimana tidak, karena fungsi utamanya adalah mengevaluasi sistem untuk menjaga keamanan data organisasi. Maka dari itu sangat di butuhkan sekali di organisasi maupun lembaga-lembaga.

PERTEMUAN 7

1. Kalau kita berbicara tentang Cyber Law tidak dapat terlepas dengan Cyber Crime. Jelaskan hubungan antara keduanya lengkapi dengan contoh!
Cybercrime adalah perilaku ilegal atau melanggar yang secara langsung menyerang sistem kemanan komputer atau data yang di proses oleh komputer. Cyberlaw adalah seperangkat aturan hukum yang diberlakukan untuk menanggulangi perbuatan melawan hukum yang dilakukan dengan menggunakan teknologi internet. Salah satu contohnya bentuk cybercrime yang dilakukan yakni email fraud, yaitu bentuk kejahatan yang dilakukan pelaku melalui email kepada korban.
2. Cyber Crime merupakan bentuk kejahatan yang tidak mudah dilihat. Bagaimana langkah penanggulannya berikan penjelasan secukupnya!
Menurut saya yang perlu dilakukan dalam menangani cybercrime dengan cara memperkuat aspek hukum dan aspek non hukum, sehingga meskipun tidak dapat direduksi sampai titik nol paling tidak terjadinya cybercrime dapat ditekan lebih rendah.

PERTEMUAN 8

1. Materi kita pada hari ini adalah pertemuan ke-8 tentang UU. hak cipta. Jelaskan pentingnya UU. Hak cipta bagi seseoran/sekelompok masyarakat yang melaksanakannya!
Sangat penting hak cipta tersebut karena ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan sastra sudah demikian pesat sehingga sangat memerlukan peningkata perlindungan dan jaminan kepastian hukum bagi pencipta, pemegang Hak Cipta dan pemilik hak terkait entah itu individu, kelompok ataupun lembaga/instansi.
2. Bagaimana mekanisme untuk mendapatkan Hak cipta? Pendapat anda!
Mekanismennya dengan mendaftarkan sebuah hak cipta agar mendapatkan hak cipta tersebut. Tapi yang perlu di ingat mendaftarkan sebuah ahk cipta bukanlah kewajiban setiap warga negara, melainkan sebuah hak. Maka dari itu, keputusan untuk mendaftarkan hak cipta atas hasil karya yang dibuat sepenuhnya berada pada individu, sekelompok, atau lembaga/instansi pencipta tersebut.
3. Yang anda ketahui tentang hak cipta, Hak kekayaan industri, Hak paten?
  • Hak Cipta
Menurut Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta, Hak Cipta didefinisikan sebagai hak eksklusif pencipta yang timbul secara otomatis berdasarkan prinsip deklaratif setelah suatu ciptaan diwujudkan dalam bentuk nyata tanpa mengurangi pembatasan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
  • Hak Kekayaan Industri
Hak Kekayaan Industri terbagi menjadi empat kategori, yakni Hak Paten, Hak Merek, Hak Produk Industri, dan Rahasia Dagang.
  • Hak Paten
Berdasarkan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2001 Tentang Paten, yang dimaksud dengan paten adalah hak eksklusif yang diberikan oleh negara kepada inventor atas hasil invensinya di bidang teknologi untuk jangka waktu tertentu melaksanakan sendiri invensi tersebut atau memberikan persetujuan kepada pihak lain untuk melaksanakannya.

PERTEMUAN 9

1. Antara dimensi etik dengan hak cipta mmepunyai hubungan yang tidak dapat dipisahkan. Jelaskan hubungan antar keduanya yang dimaksud!
Hubungan antara keduanya sangat penting untuk diperhatikan, karena dengan mengetahui kode etik yang baik dalam berkarya maka kita punya hak cipta yang aman dari gangguan gugatan atau tuntutan dan ancaman orang lain.
2. Jelaskan masing-masing tiga dimensi Etik secara tepat dan mendalam.
  • Etika sebagai filsafat; yang mempelajari pandangan-pandangan, persoalan-persoalan yang berhubungan dengan masalah kesusilaan.
  • Etika sebagai ilmu; merupakan kumpulan tentang kebajikan, tentang penilaian perbuatan seseorang.
  • Etika dalam arti perbuatan; yaitu perbuatan kebajikan. Misalnya, seseorang dikatakan etis apabila orang tersebut telah berbuat kebajikan.
3. Sudah selayaknya bahwa hak cipta seseorang mendapat perlindungan seluas dari negara. Perangkat apa saja negara telah memenuhi keawajiban tersebut. Jelaskan dengan tepat!
Perangkat yang diperlukan adalah UU Hak Cipta. Sebagaimana Undang-Undang Hak Cipta Nomor 19 Tahun 2002 Hak Atas Kekayaan Intelektual adalah hak eksklusif yang diberikan suatu peraturan kepada seseorang atau sekelompok orang atas karya ciptanya.

PERTEMUAN 10

1. Berikan penjelasan secukupnya tentang UU. nomor 36/1999 tentang Telekomunikasi!
Dalam Undang-Undang Nomor 36 tahun 1999 tentang Telekomunikasi didefinisikan bahwa Telekomunikasi adalah setiap pemancaran, pengiriman dan atau penerimaan dari hasil informasi dalam bentuk tanda-tanda, isyarat, tulisan, gambar, suara dan bunyi melalui sistem kawat, optik, radio, atau sistem elektromagnetik.
2. Azas dalam UU. Telekomunikasi diselenggarakan berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Jelaskan dengan tepat!
Asas dalam undang-undang telekomunikasi ini diselenggarakan berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dengan asas manfaat, adil dan merata, kepastian hukum, keamanan, kemitraan, etika, dan kepercayaan pada diri sendiri.Telekomunikasi diselenggarakan dengan tujuan untuk mendukung persatuan dan kesatuan bangsa, meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat secara adil dan merata, mendukung kehidupan ekonomi dan kegiatan pemerintahan, serta meningkatkan hubungan antarbangsa.
3. Dalam UU. Telekom. terdapat aturan-aturan tentang penyelenggaraan Telekom. Pengertian Telekomunikasi?
Telekomunikasi adalah setiap pemancaran, pengiriman dan atau penerimaan dari hasil informasi dalam bentuk tanda-tanda, isyarat, tulisan, gambar, suara dan bunyi melalui sistem kawat, optik, radio, atau sistem elektromagnetik lainnya; Alat telekomunikasi adalah setiap alat perlengkapan yang digunakan dalam bertelekomunikasi,Perangkat telekomunikasi adalah sekelompok alat telekomunikasi yang memungkinkan bertelekomunikasi, Sarana dan prasarana telekomunikasi adalah segala sesuatu yang memungkinkan dan mendukung berfungsinya telekomunikasi
4. Kemukakan tentang hak dan kewajiban sebagai pengguna jasa Telekomunikasi yang terkait dengan 2 pasal pada
  • Setiap penyelenggara jaringan telekomunikasi berhak untuk mendapatkan interkoneksi dari penyelenggara jaringan telekomunikasi lainnya.
  • Setiap penyelenggara jaringan telekomunikasi wajib menyediakan interkoneksi apabila diminta oleh penyelenggara jaringan telekomunikasi lainnya.

PERTEMUAN 11

1. Materi kuliah hari ini adalah UU. RI Nomor 22/2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Hal apa saja yang melatar belakangi keluarnya UU. tesebut? Jawaban dengan uraian terukur!
Berikut ini adalah penjelasan mengenai latar belakang lahirnya Undang-Undang ITE Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik :

Presiden mengeluarkan Undang-undang ini untuk kepentingan dan kesejahteraan rakyat Indonesia dan luar Indonesia. Dalam pasal-pasal yang menjelaskan memberikan rasa aman dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Semakin berkembangnya kejahatan dalam masyarakat, sehingga hukum tjuga harus berkembang agar fungsinya sebagai pemberi rasa aman dapat terpenuhi, dengan adanya Undang-undang ini maka diharapkan masyarakat takut untuk melakuakan kesalahan, karna dijelaskan pada pada ayat (1), bertanggung jawab atas segala kerugian dan konsekwensi yang timbul, tetapi dalam Undang-Undang ITE pihak yang bertanggung jawab atas segala akibat hukum dalam pelaksanaan Transaksi Elektronik sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diatur sebagai berikut:
  • a) jika dilakukan sendiri, segala akibat hukum dalam pelaksanaan Transaksi Elektronik menjadi tanggung jawab para pihak yang bertransaksi.
  • b) jika dilakukan melalui pemberian kuasa, segala akibat hukum dalam pelaksanaan Transaksi Elektronik menjadi tanggung jawab pemberi kuasa; atau
  • c) jika dilakukan melalui Agen Elektronik, segala akibat hukum dalam pelaksanaan Transaksi Elektronik menjadi tanggung jawab penyelenggara Agen Elektronik.
2. Ada dua kelompk materi dalam UU. ini yakni "mengenai Informasi transaksi Elektronik", dan Pengaturan yang dilarang. Jawaban anda?
Dalam perjalanannya, terdapat 9 pasal yang diantaranya pasal 1-7 UU ITE dijadikan satu peraturan pemerintah, dan juga sudah disahkan yaitu Peraturan Pemerintah no. 82 tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Sistem Transaksi Elektronik ('PP PSTE'). Peraturan Pemerintah ini disusun sejak pertengahan tahun 2008 dan disampaikan ke Kemkumham awal tahun 2010. Kemudian dilakukan harmonisasi pertama, dan Menkumham menyerahkan hasilnya ke Menkominfo pada 30 April 2012. Menkominfo menyerahkan Naskah Akhir RPP ini ke Presiden pada 6 Juli 2012 dan ditetapkan menjadi PP 82 tahun 2012 pada 15 Oktober 2012. PP ini mengatur sistem elektronik untuk pelayanan publik dan nonpelayanan publik, sanksi administratif, tanggungjawab pidana serta perdata penyelenggara, sertifikasi, kontrak, dan tanda tangan elektronis, serta penawaran produk melalui sistem elektronik.
3. Jelaskan pendapat anda mengenai penegakan Hukum "Pencemaran nama baik", dan "Penghinaan Sara"?
Pasal Pencemaran nama baik paling sering digugat ke MK. Terdapat dua kasus diawal UU ITE, yaitu PUTUSAN Nomor 50/PUU-VI/2008 dan Putusan Nomor 2/PUU-VII/2009. Dalam putusan tersebut, MK menolak permohonan pemohon bahwa Pasal 27 ayat (3) dan Pasal 45 ayat (1) bertentangan dengan Undang-Undang Dasar 1945. Bahwa menurut Mahkamah, penghinaan yang diatur dalam KUHP (penghinaan offline) tidak dapat menjangkau delik penghinaan dan pencemaran nama baik yang dilakukan di dunia siber (penghinaan online) karena ada unsur “di muka umum”. Dapatkah perkataan unsur “diketahui umum”, “di muka umum”, dan “disiarkan” dalam Pasal 310 ayat (1) dan ayat (2) KUHP mencakup ekspresi dunia maya? Memasukkan dunia maya ke dalam pengertian “diketahui umum”, “di muka umum”, dan “disiarkan” sebagaimana dalam KUHP, secara harfiah kurang memadai, sehingga diperlukan rumusan khusus yang bersifat ekstensif yaitu kata “mendistribusikan” dan/atau “mentransmisikan” dan/atau “membuat dapat diakses”.

Undang-undang Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Secara khusus dalam pasal 28 ayat (2), undang-undang ini mengatur soal penegakan hukum yang berkaitan dengan penyebaran kebencian berdasarkan SARA. Pasal 28 ayat (2) tersebut berbunyi: "‎Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas SARA". Ketentuan sanksi pidana Pasal 28 ayat (2) tersebut diatur dalam Pasal 45 ayat (2) berbunyi: “Setiap orang yang memenuhi unsur sebagaimana dimaksud dalam Pasal 28 ayat (1) atau ayat(2) dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 tahun dan/atau denda paling banyak 1 miliar rupiah.”

PERTEMUAN 12

1. Etika sangat diperlukan dalam berbagai organisasi/lembaga dan profesi baik profit maupun non profit. Tanpa Etika maka akan kehilangan jati diri,nilai dan moral. Nyatakan analisa anda khususnya mengenai Etika dan Bisnis!
Di dalam dunia bisnis, etika sangat diperlukan untuk mengelola dan menjalankan sebuah bisnis. Dengan etika yang baik, secara otomatis bisnis akan lebih mudah berkembang. Etika yang diterapkan di dalam suatu perusahaan atau instansi akan membantu membentuk nilai, norma serta perilaku karyawan dan pemimpinnya. Etika yang baik tentunya akan membantu dalam mengembangkan bisnis dengan lebih mudah.
2. Cari empat contoh dalam Etika bisnis dan jelaskan masing-masing menurut pendapat anda!
  • Memperkenalkan diri : Salah satu bagian dari etika bisnis adalah memperkenalkan diri, khususnya dengan menybutkan nama saat pertama bertemu dengan pihak lain atau rekan bisnis.
  • Berdiri saat memperkenalkan diri : Berdiri saat memperkenalkan diri merupakan bagian dari etika bisnis, selain itu juga untuk mempertegas dan menunjukkan kehadiran kita. Sebagai bentuk kesopanan juga dilingkungan sekitar.
  • Mengucapkan terima kasih : Ucapan terimakasih memang sangat simple tapi sangat diperlukan dalam etika bisnis. Tetapi jangan mengucapkan terima kasih secara berulang kali, karena itu akan membuat rekan bisnismu merasa tidak nyaman.
  • Mentraktir rekan ketika mengundang : Terkadang pertemuan bisnis dilakukan di luar kantor, misalnya di sebuah kafe, restoran dan lain sebagainya. Sebagai yang mengundang pertemuan, ada baiknya mentraktir rekan yang diundang.
3. Tahukah anda dengan organisasi bisnis, dan jenis-jenis organisasi bisnis? Kemukakan secara lengkap!
Organisasi bisnis adalah organisasi yang melakukan aktivitas atau kegiatan ekonomi dan bertujuan untuk mendapatkan keuntungan (profit).

Jenis-jenis organisasi bisnis :
  • Perusahaan Perseorangan (Proprietorship)
Pemiliknya hanya satu orang yang disebut proprietor, yang seringkali mengelola jalannya bisnis. Perusahaan perseorangan cenderung berupa stok ritail kecil atau bisnis professional, seperti dokter, pengacara, dan akuntan.
  • Persekutuan (partnership)
Yaitu menggabungkan dua atau lebih individu sebagai pemilik bersama. Setiap pemilik merupakan partner. Banyak toko ritail dan organisasi professional untuk dokter, pengacara dan akuntan merupakan persekutuan.
  • Korporasi (corporation)
Adalah perusahaan yang dimiliki oleh para pemegang saham (stockholder, atau shareholder), yaitu orang yang memiliki bagian kepemilikan dalam perusahaan itu. Suatu perusahaan akan menjadi korporasi apabila pemerintah Negara bagian menyetujui akte pendiriannya. Tidak seperti perusahaan perseorangan dan persekutuan, korporasi merupakan entitas hukum yang terpisah dari para pemiliknya.
  • Persekutuan dengan Kewajiban Terbatas (LLP) dan Perusahaan dengan Kewajiban Terbatas (LLC)
Persekutuan dengan kewajiban terbatas (limited – liability partnership = LLP) adalah sala satu perusahaan dimana seseorang partner tidak dapat menciptakan kewajiban yang besar bagi partner lainnya.

4. Sebagai pelaku bisnis harus tahu empat manfaat etika dalam bisnis. Temukan dan jelaskan!
  • Menjadi Perusahaan yang Berintegritas
Bagi perusahaan, menerapkan etika dalam kegiatan berbisnis akan menciptakan nilai integritas. Dalam sebuah bisnis, maupun dalam kehidupan sehari-hari, integritas adalah kualitas yang sangat penting. Perusahaan atau seseorang yang dikenal berintegritas akan memperoleh peluang yang lebih besar, baik dalam mendapatkan pekerjaan, kepercayaan, dan sebagainya.
  • Memperoleh Kepercayaan Pelanggan
Menerapkan etika bisnis di perusahaan akan berdampak pada timbulnya kepercayaan dari pelanggan. Salah satu etika tersebut misalnya adalah selalu menerapkan kejujuran dalam bertransaksi dengan pelanggan. Banyak kasus terjadi, pebisnis tega membohongi pelanggan demi mendapatkan keuntungan yang lebih banyak. Kepercayaan adalah kualitas yang tidak mudah dicapai, juga akan sangat sulit didapatkan kembali jika telah hilang.
  • Menarik Perhatian Investor
Salah satu keuntungan yang akan didapatkan oleh perusahaan yang selalu memegang etika dalam berbisnis adalah lebih mudah memperoleh perhatian dari para calon investor. Cepat atau lambat, perusahaan yang beretika akan tampil dengan sendirinya karena nilai-nilai yang diyakini dan dipegangnya. Mendapatkan perhatian investor sangat penting, khususnya bagi usaha yang baru saja dimulai dan ingin berkembang serta membutuhkan dana besar.
  • Membuat Karyawan Nyaman
Etika bisnis bukan hanya diterapkan terhadap pelanggan atau klien, tetapi juga kepada para karyawan. Manajemen yang selalu mengedepankan etika dalam menjalankan roda perusahaan pasti akan mengutamakan kesejahteraan dan kenyamanan karyawan terlebih dahulu. Ketika perusahaan memiliki etika bisnis yang terpuji, loyalitas karyawan akan bertambah. Ini akan menyebabkan laju keluar masuk pekerja bisa dikurangi. Dampaknya adalah produktivitas yang meningkat serta berkurangnya biaya untuk merekrut karyawan baru. Sebaliknya, jika perusahaan tidak memiliki etika bisnis, secara tidak langsung hal ini akan sangat merugikan karyawan dan membuat suasana bekerja menjadi tidak nyaman.

PERTEMUAN 13

1. Pelaksanaan Standar Profesi diperlukan adanya model pengembangan sesuai dengan negara yang melaksanakan.

a. Jelaskan yang anda ketahui dengan Model pengembangan standar Profesi!
Profesi merupakan organisasi yang anggotanya adalah para praktisi yang menetapkan diri mereka sebagai profesi dan bergabung bersama untuk melaksanakan fungsi-fungsi sosial yang tidak dapat mereka laksanakan dalam kapasitas mereka sebagai individu.

Contoh profesi adalah pada bidang hukum, kedokteran, keuangan, militer,teknikdan desainer.
Seseorang yang memiliki suatu profesi tertentu, disebut profesional. Walaupun begitu, istilah profesional juga digunakan untuk suatu aktivitas yang menerima bayaran, sebagai lawan kata dari amatir. Contohnya adalah petinju profesional menerima bayaran untuk pertandingan tinju yang dilakukannya, sementara olahraga tinju sendiri umumnya tidak dianggap sebagai suatu profesi.

  • Organisasi profesi merupakan organisasi yang anggotanya adalah para praktisi yang menetapkan diri mereka sebagai profesi dan bergabung bersama untuk melaksanakan fungsi-fungsi sosial yang tidak dapat mereka laksanakan dalam kapasitas mereka sebagai individu.
  • Semakin luasnya penerapan Teknologi Informasi di berbagai bidang, telah membuka peluang yang besar bagi para tenaga profesional Tl untuk bekerja di perusahaan, instansi pemerintah atau dunia pendidikan di era globalisasi ini.
  • Secara global, baik di negara maju maupun negara berkembang, telah terjadi kekurangan tenaga professional Tl.

b. Samakah Model pengembangan standar profesi di setiap negara! Uraikan pendapat anda!
Standar profesi disetiap negara berbeda satu sama lain, karena pada setiap negara mempunyai kriteria yang mengacu pada kemampuan dari masyarakat di Negara tersebut. Negara Indonesia mengacu pada kompetensi masyarakatnya dengan menggunakan kemampuan profesi IT di bidangnya yang harus di kuasai tanpa kecuali. Standarisasi profesi yang berada di Eropa dan Amerika memiliki Pustakawan yang bekerjasama dengan The Modern Language Association menyusun panduan yang berkaitan dengan informasi linguistik yang berisi materi‐materi, metode‐metode dan bahkan hal‐hal mengenai etika yang berkaitan dengan linguistik. Banyak pustakawan hukum di Amerika Serikat yang juga memiliki gelar hukum dan aktif melakukan penelitian dan kontribusi lainnya terhadap profesi hukum. Jadi penentu standarisasi profesi mengacu pada kemampuan atau kompetensi dari masyarakat yang ada dinegaranya masing-masing.

2. Dalam melaksanakan pekerjaan di setiap jenis profesi, harus sesuai dengan standar profesinya. Analisa anda?
Contoh kasus:

Bila ada seorang pasien yang mengeluh sakit panas 5 (lima) hari terus menerus. Setiap dokter tentu akan melakukan diagnosa banding beberapa kemungkinan penyakit dan pasien tersebut, baik dan yang ringan sampai yang berat.
untuk menegakkan diagnosa tersebut, dokter akan melakukan pemeriksaan laboratorium. Dokter yang melakukan pemeriksaan semacam ini yang tidak berbeda dengan teman sejawat lainnya, dapat dikatakan telah melakukan tindakan medis sesuai standar profesi medis

3. Pelaksanaan standarisasi di Indonesia belum berjalan secara maksimal seperti yang diharapkan. mengapa, dan apa solusinya?
a. Organisasi
Hambatan ini biasanya muncul akibat problem-problem yang ada kaitannya dengan manajemen organisasi, misalnya gaya kepemimpinan, struktur organisasi yang terlalu gemuk, alur koordinasi yang terlalu panjang dan rumit, tradisi organisasi yang kurang kondusif, dan lain sebagainya. Seringkali terjadi friksi atas upaya sinkronisasi antara SOP yang berlaku pada unit kerja yang satu dan unit kerja yang lain. Tentunya friksi atau bahkan konflik ini memakan waktu yang tidak sedikit. Namun, hambatan sekecil apa pun tetap perlu diperhitungkan dalam penyusunan SOP.

b. Operasional
Hambatan operasional muncul dari masalah semua operasional organisasi, problem operasional yang dimaksud bisa datang dari karakter konsumen, keterikatan organisasi dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, budaya organisasi, dan kedewasaan organisasi tersebut.

c. Manajerial
Hambatan manajerial disebabkan oleh adanya perbedaan pandangan dari beberapa anggota manajemen dalam penyusunan serta penerapan SOP dalam unit kerja dari masing-masing departemen. Perusahaan atau organisasi kecil, umumnya tidak mengalami hambatan manajerial yang terlalu signifikan. Sebaliknya, organisasi besar, tentu memiliki peluang hambatan yang lebih besar.

Contoh yang terkait dengan hambatan manajerial organisasi dapat berupa ketidak jelasan visi, misi, kebijakan organisasi, aturan dan tata terbit, tidak adanya kontrol secara konsisten dan berkelanjutan, serta tidak adanya dukungan yang maksimal dari pihak-pihak terkait.

d. Personal
Hambatan personal datangnya dari individu organisasi, karyawan, atau user yang tidak mau mendukung adanya SOP di dalam organisasi bahkan terang-terangan menyatakan penolakan.

Solusinya:

Untuk menghindari berbagai hambatan dalam pelaksanaan SOP, di bawah ini adalah beberapa langkah yang harus Anda ikuti.

a. Buatlah riset tentang keperluan peraturan perusahaan sebelum mengadakan penyusunan SOP.

b. Miliki komitmen bersama sebelum memulai penyusunan SOP, untuk menghindari adanya faktor ketidaksaamaan dan ketidaknyamanan ketika SOP dibuat hingga proses pelaksanaan.

c. Kenali kompleksitas individu dalam satu perusahaan. Semakin kompleks individu didalamnya maka penyusunan SOP tidak bisa dilakukan oleh perseorangan, namun harus melibatkan sebuah tim untuk mengambil data dan melakukan analisa.

d. Sesuaikan bentuk SOP yang ingin Anda tampilkan kepada seluruh karyawan agar mudah dipahami. Anda bisa memilih bentuk penyampaian SOP berupa narasi, diagram alur, gambar maupun video.

e. Adakan diskusi terbuka maupun interview kepada beberapa karyawan untuk mengetahui visi, misi, dan hambatan mereka terkait kinerja.

PERTEMUAN 14

1. Seseorang yang memiliki keahlian IT secara profesional harus dapat dibuktikan dengan Sertifikasi IT. Jadi, apa yang anda ketahui dengan Sertifikasi itu, dan apa pula Sertifikasi IT?
Sertifikasi adalah suatu penetapan yang diberikan oleh suatu organisasi profesional terhadap seseorang untuk menunjukkan bahwa orang tersebut mampu untuk melakukan suatu pekerjaan atau tugas spesifik. Sertifikasi IT adalah sertifikasi bidang teknologi informasi yang didapatkan melalui proses ujian yang diselenggarakan secara independen untuk menguji kompetensi IT seseorang.

2. IT merupakan bidang keahlian yang menjadi unsur pokok dalam menunjang kemajuan secara global di segala bidang. Tugas anda adalah menjelaskan pentingnya IT tersebut. Silahkan!
  • Perlindungan terhadap Kejahatan Dunia Maya
  • Manajemen Data yang Efektif
  • Peningkatan Dukungan Pelanggan
  • Mengatasi Masalah Teknis dan Pemantauan
  • Merangkul teknologi baru
  • Dapatkan layanan yang disesuaikan
3. Jelaskan beberapa indikator bagi seseorang yang memiliki predikat Profesional!
  • Kemampuan beradaptasi;
  • kemampuan dalam menyesuaikan diri dengan fenomena global dan fenomena nasional;
  • mengacu kepada misi dan nilai (mission&values driven professionalism),
  • birokrasi memposisikan diri sebagai pemberi pelayanan kepada publik dan dalam mewujudkan tujuan organisasi yang berorientasi pada hasil yang ingin dicapai organisasi
4. Bagaimana mekanisme untuk mendapatkan Sertifikasi IT?
Untuk mendapatkannya cukup mudah, dengan kita mampu mengerjakan kursus atau lembaga yang menyediakan sertifikat IT dengan benar kita sudah termasuk kompeten dan mendapatkan sertifikat itu.

1 comment for "Kuis Soal Dan Jawaban Etika Profesi Semester 8"

  1. Sangat lengkap. Terima kasih infonya.

    www.keepburger.com

    ReplyDelete