Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Mudah Membuat Pedoman Penulisan Proposal Penelitian Untuk Skripsi/Tugas Akhir

maswijaba.my.id

maswijaba.my.id - Assalamualaikum wr.wb. Pada kesempatan kali ini saya ingin memberi tahukan kepada mahasiswa dan mahasiswi baik semester awal atau semester akhir untuk membuat pedoman penulisan proposal penelitian.

Setiap dari mahasiswa/i pasti akan dihadapkan yang namanya skripsi kelak, yakalo gadihadapkan oleh skripsi ya berarti anda sudah di dropout dari kampus anda wkwk.  Skripsi itu sebenernya tidak terlalu susah asalkan anda niat menjalaninya dan ingin cepat selesai dalam pengerjaannya.

Sebelum kita dihadapkan oleh skripsi kita ditugaskan untuk membuat proposal skripsi untuk mengajukan judul agar kita bisa memulai bimbingan nantinya. Langsung saja pada poinnya.

Proposal skripsi terdiri dari tiga bagian, yaitu Bagian Awal, Bagian Utama dan Bagian Akhir. Penjelasan lengkap dari isi pada tiap bagian proposal skripsi nanti saya uraikan dibawah. Semua teks/tulsan dalam proposal skripsi menggunakan jenis huruf (font) Times New Roman. Untuk Bagian Awal dan Akhir menggunakan spasi 1, sedangkan Bagian Utama menggunakan spasi 1,5.

1. Bagian Awal

a. Halaman Judul

Judul dibuat secara singkat, padat dan mewakili seluruh isi penelitian. Judul ditulis menggunakan jenis huruf (font) Times New Roman. Ukran font disesuaikan oleh pihak Univesitas masing-masing.

b. Daftar Isi

Bagian ini memaparkan semua judul bab dan judul subbab dalam suatu daftar yang disusun secara vertikal. Hanya menampilkan sampai tingkat 3 (anak subbab). Semua judul bab diketik dengan huruf besar/kapital, sedangkan subbab, anak subbab, dan rinciannya hanya huruf awal yang besar, kecuali kata sambung ditulis huruf kecil semua.

c. Daftar Gambar (Jika Ada)

Bagian ini memaparkan semua keterangan gambar, sehingga pembaca dapat dengan mudah mengetahui gambar apa saja yang ada dalam skripsi, dan dimana letak halamannya.

d. Daftar Tabel (Jika Ada)

Bagian ini memaparkan semua keterangan tabel, sehingga pembaca dapat dengan mudah mengetahui tabel apa saja yang ada dalam skripsi, dan di mana letak halamannya.

2. Bagian Utama

Bab I Pendahuluan

a. Latar Belakang

Latar belakang penelitian adalah bagian yang menjelaskan hal-hal yang memotivasi dan melatarbelakangi suatu penelitian dilakukan, serta diharapkan dapat memberikan landasan yang valid tentang perlunya suatu penelitian. Alur penjelasannya harus logis dan sistematis mulai dari obyek penelitian, masalah penelitian yang diangkat, metode-metode yang ada saat ini (state-of-the-art-methods) dan metode seperti apa yang diusulkan oleh peneliti. Masalah penelitian yang kita angkat harus dilandasi dengan publikasi paper yang berkualitas (usahakan dari paper jurnal yang memiliki impact factor tinggi (terindeks oleh ISI (Thomson Reuters Web of Science) atau SCOPUS) dan dipublikasikan dalam 5 tahun terakhir). Harus dipahami bahwa tujuan utama dari latar belakang penelitian adalah memberi argumentasi bahwa masalah penelitian yang diangkat adalah valid.

b. Identifikasi Masalah

Identifikasi masalah (research problem atau problem statement) adalah rangkuman masalah dari latar belakang yang akan di cari solusinya. Ditulis dalam bentuk poin-poin. Jika hanya satu masalah ditulis dalam bentuk paragraf.

c. Rumusan Masalah

Rumusan masalah atau pertanyaan penelitian (research question) adalah pengganti dari hipotesis, yang berisi suatu pertanyaan tentang solusi yang diusulkan dan aspek pengukuran apa yang di akan dikejar. Pertanyaan penelitian harus sinkron dengan hasil penelitian dan penarikan kesimpulan yang dilakukan, baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Pertanyaan penelitian dapat diawali dengan kalimat tanya misalnya: "Seberapa meningkat/menurun?", :Bagaimana peningkatan/penurunan?", dan berbagai kalimat lain yang dapat diukur. Dan sebaiknya menghindari penggunaan kalimat yang tidak bisa diukur atau ditarik kesimpulan, misalnya "Bagaimana cara menerapkannya?", "Bagaimana cara menggabungkan?" dan sebagainya. 

d. Batasan Penelitian

Merupakan penjelasan tentang pembatasan bahasan penelitian agar tidak terlalu luas sesuai dengan ketersediaan data, waktu dan dana. Bagian ini menjelaskan apa saja yang akan dilakukan dalam menyelesaikan permasalahan.

e. Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian (research objective) adalah tujuan mengapa penelitian dilakukan, menjelaskan tentang solusi seperti apa yang akan dilakukan untuk mengatasi masalah penelitian. Tujuan penelitian sinkron dengan rumusan masalah tapi dibuat kalimat pernyataan yang orientasinya ke tujuan.

f. Manfaat Penelitian

Manfaat penelitian adalah rangkuman dari berbagai hal positif yang akan datang apabila tujuan penelitian telah tercapai. Manfaat penelitian bukan mengulang-ulang pernyataan yang ada di tujuan penelitian, tapi manfaat yang muncul setelah tujuan penelitian tercapai.

    Bab II Tinjauan Pustaka

      a. Penelitian Terkait

      Bagian ini memberikan gambaran penelitian terkait yang sudah pernah dilakukan oleh peneliti lain, sehingga kita dapat mengusulkan metode/model baru yang orisinil, unik, dan memiliki kontribusi ke ilmu pengetahuan. Setiap penelitian terkait dirangkum dalam bentuk paragraf yang mencakup masalah, metode/cara yang digunakan untuk menyelesaikan masalah, dan hasil penelitian.

      b.Landasan Teori

      Bagian ini memaparkan teori, dalil, hukum, asumsi dan sebagainya dari berbagai sumber referensi, baik buku, jurnal, prosiding dan lain-lain.

      c. Kerangka Pemikiran

      Memberikan gambaran urutan penelitian dari masukan, sampai hasil penelitian. Kerangka penelitian digambarkan dalam bentuk diagram dan diberikan deskripsinya. 

        Bab III Metodologi Penelitian

          a. Analisa Kebutuhan 

          Menjelaskan apa saja yang dibutuhkan dalam melaksanakan penelitian.

          b. Metode Penelitian

          Memberikan gambaran bagaimana cara atau metode yang digunakan untuk melaksanakan penelitian. Menjelaskan data yang digunakan dalam penelitian. Apakah data primer atau sekunder.

          c. Perancangan Penelitian

          Memaparkan rancangan penelitian yang akan dilaksanakan.

          d. Metode/Teknik Analisis

          Memaparkan metode/teknik yang akan digunakan untuk menganalisa hasil penelitian sehingga dapat diambil kesimpulannya.

          e. Jadwal dan Biaya

          Merupakan suatu penjelasan tentang jadwal penelitian yang disajikan dalam bentuk matriks, sehingga mudah dan cepat dicermati permbacanya. Jadwal penelitian disampaikan secara ringkas, jelas, dan realistik. Dalam matriks jadwal penelitian ditunjukkan tahap-tahap penelitian, rincian kegiatan pada setiap tahap dan waktu yang diperlukan untuk melaksanakan setiap kegiatan/tahap penelitian. Sedangkan biaya penelitian disampaikan sebagai bahan pertimbangan portfolionya.

            3. Bagian Akhir

            a. Daftar Pustaka

            Standar sitasi dan daftar pustaka pada skripsi menggunakan standard format style APA 6th Edition, dilakukan otomatis melalui fungsi referensi (references) yang ada di Ms. Word, atau word processor yang lain. Diurutkan berdasarkan nama belakang, nama depan dan tengah singkat .

            b. Lampiran (Jika Ada)

            Melampirkan dokumen-dokumen pendukung yang diperlukan dalam penelitian.


            Untuk font atau covernya itu tergantung pada universitas masing-masing kampusnya ya. Mungkin itu saja yang saya akan share kali ini bagaimana pedoman penulisan proposal penelitian. Baik terimakasih sebelumnya. Semoga bermanfaat untuk kalian yang ingin lulus dengan cepat.

            Post a Comment for "Cara Mudah Membuat Pedoman Penulisan Proposal Penelitian Untuk Skripsi/Tugas Akhir"