Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Hosting Toko Online melalui Opencart (E-Commerce) Gratis

maswijaba.my.id - E-Commerce merupakan salah satu mata kuliah di Universitas Pamulang, syarat mendapatkan nila A yaitu dengan mengerjakan tugas kelompok maupun individu. Nah pada kesempatan kali ini adalah saya dan kelompok saya disuruh untuk membuat toko online sendiri.



Memang pertama-tama saya memang kesusahan membuatnya tapi lama-lama jadi mudah dan bisa mengajari teman satu kelas saya. Yang harus dilakukan adalah kita mendownload toko online mau itu opencart atau lain sebagainya.
 
maswijaba.my.id


Disini kita akan mengupload olshop kita ke server online dengan menggunakan hosting tentunya agar tidak lagi berbentuk localhost biar bisa diakses semua orang. Hosting gratis yang akan kita gunakan adalah 000webhost. Memang hosting gratis banyak kekurangannya, namun jika digunakan untuk belajar (pemula) atau tugas sudah sangat-sangat bagus.




1. Pertama kita buat akun dulu di website 000webhost. Jika kita sudah berhasil membuat akun maka kita bisa menuju halaman seperti berikut lalu daftar gratis.
https://maswijaba.my.id/



2. Selanjutnya kita diminta untuk memasukkan nama website dan password. Setelah diisi klik Create!
https://maswijaba.my.id/



3. Jika sudah, maka kita buat database terlebih dahulu. Klik Database Manager!
https://maswijaba.my.id/


4. Klik Buat Database!
5. Isikan nama database, user, dan password. kemudian klik Create! Contohnya seperti ini:
 Database name : mwstore
Database username : usermws Password : *******

6. Database sudah dibuat, selanjutnya kita upload file opencart kita melalui file manager. Klik File Manager > scroll ke bawah kemudian klik Upload files.
 https://maswijaba.my.id/
https://maswijaba.my.id/




7. Setelah masuk ke halaman File Manager klik Upload files kemudian klik Select Files. Sebelum kita upload, folder opencart kita compress menjadi zip agar mudah dalam penguploadan. Penting: sertakan folder install dalam folder opencart sebelum diupload!
https://maswijaba.my.id/
8. Klik Upload dan tunggu sampai prosesnya selesai!

9. Setelah file ter-upload, kemudian extract dan tempatkan seluruh file yang ada di folder opencart ke folder public_html! Jangan lupa hapus file .htaccess bawaan file manager. Folder public_html akan nampak seperti ini.
https://maswijaba.my.id/

10. Selanjutnya kosongkan file config.php yang ada di public_html dan di public_html/admin. Caranya, klik kanan > edit kemudian hapus semua tulisannya dan simpan.

11. Akses website kita. Dalam hal ini  https://mwstore.000webhostapp.com.

12. Setelah selesai, langkah terakhir yang harus kita lakukan adalah mengganti database online dengan database lokal. Caranya akses http://localhost/phpmyadmin/, kemudian klik opencart dan pilih Export! Setelah itu klik Go!
https://maswijaba.my.id/ 
13. File database lokal bernama opencart.sql akan terdownload dan nantinya akan kita upload untuk menggantikan database online.

14. Pada halaman database di 000webhost klik manage kemudian pilih Manage DB.
https://maswijaba.my.id/

15. Klik nama database kita (dalam hal ini id11937605_usermwstore), kemudian klik Import, klik Choose File, dan pilih database yang telah kita download tadi (dalam hal ini opencart.sql). Kemudian klik Go!
https://maswijaba.my.id/

16. Setelah selesai, maka website kita sudah bisa diakses. Mari kita coba akses olshop kita ( https://mwstore.000webhostapp.com )
https://maswijaba.my.id/
https://mwstore.000webhostapp.com

Akhirnya, olshop kita sudah berhasil diupload di server online. Dan sekarang pengguna internet di seluruh dunia bisa mengaksesnya. Jika Anda mendapat banyak error saat installasi saya sarankan untuk menggunakan via smartphone agar tidak terjadi error.

Jika masih ada error lagi silahkan berkomentar, jangan lupa share teman sekelas ya agar bisa dapat nilai A. Masuk bareng lulus juga harus bareng, jangan pelit ilmu antara teman sekelas. Terimakasih!

Jangan lupa kunjungi maswijaba.my.id untuk tugas unpam lainnya.

Post a Comment for "Cara Hosting Toko Online melalui Opencart (E-Commerce) Gratis"