Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Soal Uts dan Jawaban Pengantar Organisasi dan Bisnis


maswijaba.my.id


Pengantar Organisasi dan Bisnis merupakan salah satu mata kuliah di Universitas Pamulang Viktor. Saya saat belajar Pengantar Organisasi dan Bisnis saya dinahkodai oleh siapa ya lupa. Alhamdulilah tugasnya gampang-gampang dan santai termasuk Uts dan Uasnya dan alhamdulilah nya lagi di akhir semester mendapatkan nilai A.



Disini saya akan membagikan quiz atau tugas Pengantar Organisasi dan Bisnis biar kalian tidak mencari jawaban satu per satu di google, selamat mengerjakan.

Pengantar Organisasi dan Bisnis

1. Apa yang dimaksud dengan Organisasi dan jelaskan beberapa tipe nya ?
Organisasi adalah sebuah wadah untuk sekumpulan orang yang bekerja sama secara rasional serta sistematis yang terpimpin atau terkendali untuk mencapai tujuan tertentu memanfaatkan sumber daya yang ada di dalamnya.

Tipe Organisasi :
A. Organisasi Garis
Organisasi Garis adalah tipe organisasi yang tertua dan paling sederhana.

B. Organisasi Garis dan Staf
Tipe organisasi garis dan staf pada umumnya digunakan untuk organsasi yang besar. Daerah kerjanya luas dan mempunyai bidang-bidang tugas yang beraneka ragam serta rumit.

C. Organisasi Fungsional
Pada umumnya yang dimaksud dengan organisasi fungsional adalah yang disusun berdasarkan sifat dan macam-macam fungsi yang harus dilaksanakan.

D. Organisasi Panitia
Tipe organisasi panitia pada umumnya dibentuk dalam waktu yang terbatas untuk melaksanakan tugas-tugas tertentu.


2. Jelaskan 3 bentuk Kepemilikan bisnis berikut kuntungan dan kerugian masing-masing ?
1. Perusahaan Perseorangan

Perusahaan perseorangan adalah bisnis yang dimiliki oleh 1 orang saja. Sehingga pemilik perusahaan ini mempunyai tanggung jawab sekaligus kuasa tak terbatas atas perusahaan beserta aset-asetnya.
Keuntungan dari bentuk bisnis ini antara lain :

  • Pemilik memiliki kekuasaan penuh untuk mengambil keputusan yang berkaitan dengan perusahaan, sehingga keputusan dapat segera dilaksanakan tanpa ada hambatan perbedaan pendapat atau semacamnya.
  • Semua keuntungan perusahaan menjadi miliki ia pribadi sepenuhnya.
  • Pemilik lebih giat dan bekerja keras dalam menjalankan bisnis
  • Terjaminnya rahasia perusahaan
  • Syarat pendirian yang mudah dan sederhana dibanding bentuk bisnis yang lain

Selain keuntungan, perusahaan perseorangan memiliki beberapa kelemahan yaitu :
  • Seluruh aset pribadi turut menjadi jaminan atas utang-utang perusahaan karena tanggung jawab pemilik yang tidak terbatas
  • Pengelolaan manajemen cenderung rumit dan kompleks karena semua kegiatan manajemen hanya dilaksanakan oleh 1 orang pemilik perusahaan saja
  • Sumber dana perusahaan terbatas karena sangat tergantung pada kemampung sang pemilik perusahaan untuk mencari sumber-sumber dana

B. Firma
Firma adalah bisnis yang terjalin atas persekutuan 2 orang atau lebih dengan menggunakan nama bersama dalam menjalankan usaha. Tanggung jawab dari setiap anggota firma tidak terbatas, dengan pembagian keuntungan atau pun pertanggungan kerugian yang sama oleh masing-masing anggota. 
Adapun keuntungan firma yaitu :

  • Pengelolaan manajemen yang lebih baik karena terdapat pembagian kerja pada anggota yang banyak
  • Syarat pendirian firma yang relatif mudah karena tidak perlu akta pendirian usaha

Kelemahan firma adalah :
  • Harta pribadi menjadi jaminan atas utang perusahaan
  • Kerugian yang disebabkan oleh 1 orang anggota harus ditanggung bersama anggota firma yang lain
  • Kelangsungan usaha kurang terjamin karena apabila seorang anggota mengundurkan diri dari perjanjian usaha bersama, otomatis firma akan bubar

C. Perseroan Terbatas (PT)
Adalah bentuk bisnis yang terdapat pemisahan pada harta, hak dan kewajiban pribadi dengan pendiri maupun pemilik perusahaan. 
Keuntungan dari PT ini adalah :

  • Tidak ada risiko pada harta pribadi karena tanggung jawab pemilik modal yang terbatas
  • Saham yang dimiliki dapat diperjualbelikan kembali pada pihak lain di luar perusahaan dengan cara yang relatif mudah
  • Mudahnya mendapatkan modal dari penjualan saham sehingga memungkinkan pengembangan usaha
  • Pengelolaan manajemen yang lebih efektif dan efisien

Kelemahan-kelemahan PT yaitu :
  • Biaya pendirian yang mahal dan rumit
  • Kurang terjaminnya rahasia perusahaan karena banyaknya pemilik modal saham
  • Hubungan yang kurang efektif dan harmonis antar pemilik saham


3. Supaya perusahaan berjalan dengan produktif tentu harus di bangun lingkungan  yang kondusif. Jelaskan lingkungan internal dan external dalam sebuah perusahaan ?
Lingkungan internal perusahaan sebagai suatu proses dengan mana perencana strategi mengkaji pemasaran, dan distribusi perusahaan, penelitian dan pengembangan, produksi dan operasi, sumber daya dan karyawan perusahaan, serta faktor keuangan dan akuntansi untuk menentukan dimana perusahaan mempunyai kekuatan dan kelemahan yang penting sehingga perusahaan dapat memanfaatkan peluang dengan cara yang paling efektif dan dapat menangani ancaman di dalam lingkungan. Sedangkan Lingkungan external meliputi variabel-variabel di luar organisasi yang dapat berupa tekanan umum dan tren di dalam lingkungan ataupun faktor-faktor spesifik yang beroperasi dalam lingkungan kerja. Variabel-variabel ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu ancaman dan peluang. Yang mana memerlukan pengendalian jangka panjang dari manajemen puncak organisasi.


4. Jika anda mau berbisnis, tentu harus di rencanakan dengan baik. Buatlah proposal perencanaan bisnis dan Jelaskan bagaimana manajemennya ?
Judul Proposal : Es Klamud Jelly Susus
Konsep Bisnis :
“Es Klamud Jelly Susu” merupakan produk minuman segar dan menyehatkan yang berbahan dasar utama kelapa muda. Agar cita rasanya semakin nikmat, maka ditambahkan jelly serta susu kental manis. Penjualan produk ini rencananya akan berlokasi di kawasan alun-alun selatandengan jam operasi mulai dari pukul 11.00-16.00 WIB.

Tim Manajemen :
Usaha “Es Klamud Jelly Susu” ini adalah kolaborasi diantara empat orang mahasiswa. Keempat orang ini menyetorkan modal dengan jumlah yang berbeda pada usaha ini. Jadi, jumlah profit yang akan dibagikan nantinya juga akan menyesuaikan banyaknya modal. Selain berperan sebagai owner, keempat orang ini juga bertugas untuk melayani pembeli dengan sistem shift.

5. Jelaskan definisi kepemimpinan berikut tipenya ? bagaimana pengaruh pemimpin dalam perusahaan ?
Kepemimpinan adalah keunggulan seseorang atau beberapa individu dalam kelompok, dalam proses mengontrol gejala-gejala sosial. Tipe Otokratik; Semua ilmuan yang berusaha memahami segi kepemimpinan otokratik mengatakan bahwa pemimpin yang tergolong otokratik dipandang sebagai karakteritik yang negatif.
Sangat berpengaruh karna dengan adanya pemimpin kerjaan kita akan lebih mudah dengan tidak adanya seorang pemimpin bisa saja apa yang kita kerjakan tidak ada tujuannya. 


6. Jelaskan fungsi manajemen berikut ;  planning, organizing, leading dan controlling ?
*Perencanaan (Planning)
Dalam definisi tersebut mengatakan bahwa fungsi dasar pertama dari Manajemen adalah Perencanaan dan Pembuatan keputusan. Pada dasarnya, Perencanaan atau Planning adalah menentukan Tujuan Organisasi dan memutuskan cara yang terbaik untuk mencapainya.
*Pengorganisasian (Organizing)
Setelah membuat perencanaan dan menetapkan langkah-langkah ataupun tugas-tugas untuk mencapai sasaran organisasi, fungsi manajemen selanjutnya adalah mengorganisir orang-orang yang tepat dan sumber daya lainnya untuk menjalankan perencanaan yang ditetapkan.
*Pemimpin (Leading) 

Setelah menetapkan Perencanan dan mengorganisir sumber daya yang diperlukan, Fungsi ketiga Manajemen adalah Pemimpinan (Leading) atau ada yang menyebut fungsi manajemen ini sebagai Pengarahan (Directing). Pemimpinan (Leading) dalam Manajemen adalah serangkaian proses yang digunakan agar setiap anggota yang berada dalam organisasi dapat bekerjasama dalam mencapai sasaran organisasi. Seorang Manajer harus dapat menuntun, mengarahkan, menggerakan dan memotivasi serta mempengaruhi bawahan agar dapat melakukan tugas-tugas yang telah direncanakan untuk mencapai tujuan/sasaran organisasi.

*Pengendalian (Controlling)
Fungsi Manajemen yang terakhir adalah Pengendalian atau Controlling, Fungsi Pengendalian ini berkaitan dengan penghimpunan informasi-informasi yang digunakan untuk melakukan pengukuran terhadap kinerja organisasi, memantau perkembangan tugas yang telah direncanakan sebelumnya dan mengambil tindakan korektif terhadap penyimpangan yang terjadi.


7. jelaskan apa yang di maksud etika bisnis dan tanggung jawab perusahaan dalam hal persaingan bisnis ? 
Yang dimaksud dengan etika bisnis adalah penerapan sebuah kode etik yang diterapkan dalam perusahaan untuk melakukan kegiatan bisnisnya. Tanggung jawab sosial perusahaan adalah wujud kepedulian suatu usaha pada masyarakat dan lingkungan disekitar dimana usaha tersebut berada. Arti yang lebih luas dari istilah ini adalah tanggung jawab perusahaan terhadap pelanggan, karyawan, dan kreditor.
Contoh ; Tanggung jawab sosial terhadap konsumen. Hal ini tidak hanya sebatas pada penyediaan produk barang atau jasa.

Pihak perusahaan juga harus memiliki tanggung jawab terhadap produk yang dihasilkan hingga sampai pada konsumen harus memiliki nilai manfaat.


Semoga bermanfaat dan jangan lupa share teman sekelas ya agar bisa dapat nilai A. Masuk bareng lulus juga harus bareng, jangan pelit ilmu antara teman sekelas. Terimakasih!
 
Jangan lupa kunjungi maswijaba untuk tugas unpam lainnya.

Post a Comment for "Soal Uts dan Jawaban Pengantar Organisasi dan Bisnis"