Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Soal Coding dan Jawaban UAS Komputer Grafik Unversitas Pamulang Teknik Informatika

Komputer Grafik adalah salah satu mata kuliah di Universitas Pamulang Viktor. Saya saat belajar komputer grafik dinahkodai oleh Bu Ines, dan alhamdulilah tugasnya gampang-gampang termasuk Uts dan Uasnya dan alhamdulilah nya lagi di akhir semester mendapatkan nilai A.



Disini saya akan membagikan soal dan jawaban Uas dari komputer grafik yang sudah disediakan oleh bu Ines serta ketentuan aplikasi tersebut.

https://maswijaba.blogspot.com/2020/05/soal-coding-dan-jawaban-uas-komputer-grafik.html

Soal Coding:

Buatlah source code dengan Java Netbeans untuk dapat menampilkan animasi mobil bergerak seperti ini. Poin yang harus ada dalam pembuatan animasi ini:
  1. Import yang digunakan hanya 5 saja. (5 poin)
  2. Ukuran frame yang digunakan 500x400. (2 poin)
  3. Background untuk frame adalah silver (RGB=192). (3 poin)
  4. Frame diletakkan di tengah-tengah layar. (2 poin)
  5. Untuk membuat 2 mobil, gunakan ArrayList dan List (10 poin)
  6. Jarak antar mobil adalah 200 pixels. (4 poin)
  7. Warna mobil BIRU dengan ban mobilnya HITAM. (12 poin)
  8. Bentuk mobil boleh sama atau bisa diubah sesuai kreatifitas kalian. (4 poin)
  9. INCREMENT = 5 untuk kecepatan pergerakannya. Maka, sesuaikan timer pergerakannya agar berjalan tidak terlalu cepat ataupun lambat. (12 poin)
  10. Beri judul dengan font (JOKERMAN), fontSize (35) dengan warna RGB (tanggal lahir kalian/dd-mm-yy). Dan diposisikan di tengah frame (6 poin)

Jawaban coding:

Buat file dengan nama AnimasiMobil.java masukkan script di bawah ini.
package animasimobil;

import java.awt.*;
import java.awt.event.*;
import java.util.ArrayList;
import java.util.List;
import javax.swing.*;

/**
 *
 * @author Axio
 */

public class AnimasiMobil extends JPanel{
    private static final int D_W = 500;
    private static final int D_H = 400;

    List<Car> cars;
    public AnimasiMobil() {
        setBackground(new Color(192, 192, 192));
        setLayout(null);
        
        cars = new ArrayList();
        cars.add(new Car(100, 300));
        cars.add(new Car(200, 100));
       

        Timer timer = new Timer(50, new ActionListener(){
            public void actionPerformed(ActionEvent e) {
                for (Car car : cars) {
                    car.move();
                    repaint();
                }
            }
        });
        timer.start();
    }

    @Override
    protected void paintComponent(Graphics g) {
        super.paintComponent(g);
        for (Car car : cars) {
            car.drawCar(g);
        }
    }

    @Override
    public Dimension getPreferredSize() {
        return new Dimension(D_W, D_H);
    }

    public class Car {
        private static final int INCREMENT = 5;
        int x, y;
        public Car(int x, int y) {
            this.x = x;
            this.y = y;
        }
        public void drawCar(Graphics g) {
            g.setColor(Color.BLUE);
            g.fillRect(x, y, 100, 30);
            g.setColor(Color.BLACK); // body
            g.fillOval(x + 15, y + 20, 20, 20); // wheel
            g.fillOval(x + 60, y + 20, 20, 20); // wheel
            g.fillRect(x + 15, y - 20, 60, 20); // top
           
            g.setColor(new Color(22, 07, 98));
            Font font = new Font("JOKERMAN", Font.ITALIC,35);
            g.setFont(font);
            g.drawString("Animasi Mobil<Nandaka>", 5, 200);

        }

        public void move() {
            if (x == D_W) {
                x = 0;
            } else {
                x += INCREMENT;
            }
        }
    }

    public static void main(String[] args) {
        SwingUtilities.invokeLater(new Runnable() {
            public void run() {
                JFrame frame = new JFrame();
                frame.getContentPane().add(new AnimasiMobil());
                frame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
                frame.setTitle("Animasi Mobil");
                frame.pack();
                frame.setLocationRelativeTo(null);
                frame.setVisible(true);
            }
        });
    }
}

Jika sudah dimasukkan, sekarang kalian Run. Maka hasil outputnya seperti ini.

https://maswijaba.blogspot.com/2020/05/soal-coding-dan-jawaban-uas-komputer-grafik.html

Jika masih ada error silahkan berkomentar, jangan lupa share teman sekelas ya agar bisa dapat nilai A. Masuk bareng lulus juga harus bareng, jangan pelit ilmu antara teman sekelas. Terimakasih!

Jangan lupa kunjungi maswijaba untuk artikel bermanfaat lainnya.

Post a Comment for "Soal Coding dan Jawaban UAS Komputer Grafik Unversitas Pamulang Teknik Informatika"