Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Pengertian Key & Atribut Deskriptif, (Superkey, Candidate Key, Primary Key), Atribut Sederhana & Komposit, Atribut Turunan

Basis Data adalah salah satu mata kuliah di Universitas Pamulang Viktor. Saya saat belajar basis data hanya mengerjakan tugas dan mencatat saja sedangkan untuk praktikum basis data tugasnya mencatat dan membuat tugas dan alhamdulilah tugasnya gampang-gampang termasuk Uts dan Uasnya dan alhamdulilah nya lagi di akhir semester mendapatkan nilai A. Baik basis data maupun praktikum basis data.


Disini saya akan membagikan soal dan jawaban basis data. 

1.  Jelaskan pengertian daripada Key dan Atribut Deskriptif ?
Key adalah satu atau gabungan beberapa atribut yang dapat membedakan semua baris data (row) dalam tabel secara unik.


Attribut Deskriptif adalah atribut-atribut yang tidak menjadi anggota dari Key Primer pada suatu tabel dalam data base.
2.  Jelaskan dan berikan contoh pengertian dari superkey, candidate key, primary key dan foreign key !
  • Superkey adalah satu atau lebih atribut yang dapat membedakan setiap baris data dalam sebuah tabel secara unik. Contoh : misalnya database akademik, superkey; npm, nama_mhs, tgllahir, alamat, dst.
  • Candidate key adalah kumpulan atribut minimal yang dapat membedakan setiap baris data dalam sebuah tabel secara unik. Contoh :npm dan nama_mhs.
  • Primary key adalah candidate key yang dipilih untuk mengidentifikasi tupel secara unik pada suatu relasi. Contoh : npm
  • Foreign key satu set atribut yang melengkapi satu relationship yang menunjukan ke induknya. Contoh : npm, kode_matkul pada relasi ambil_matkul.
3.  Jelaskan dan berikan contoh pengertian daripada atribut sederhana dan komposit !
Atribut Sederhana merupakan atribut atomik yang tidak dapat dipilah lagi menjadi lainnya. Contoh : Nama_d, tempat_lhr merupakan contoh atribut sederhana, karena tidak dapat diuraikan lagi menjadi atribut lainnya.


Atribut komposit merupakan atribut yang masih dapat diuraikan lagi menjadi sub-sub atribut yang masing-masing memiliki makna. 

Contoh : Alamat seorang dosen adalah merupakan contoh atribut komposit karena dapat diuraikan menjadi beberapa sub atribut, seperti ; alamat_jln, kelurahan, kecamatan, rt, rw, no_rumah, yang masing-masing memiliki makna tersendiri.
4.  Jelaskan dan berikan contoh pengertian daripada atribut bernilai tunggal dan bernilai banyak !
Atribut bernilai tunggal yaitu ditujukan pada atribut-atribut yang memiliki paling banyak satu nilai untuk setiap baris data.


Contoh : Pada table dosen, atribut (nid, nama_d, tempat_lhr, tgl_lahir, jkelamin, alamat, kota, kodepos, gajipokok) merupakan atribut bernilai tunggal, karena atribut-atribut tersebut hanya dapat berisi satu nilai. Jika ada seorang dosen yang memiliki 2 tempat tinggal, maka hanya salah satu saja yang boleh dimasukkan ke atribut alamat.

Atribut Bernilai Banyak yaitu ditujukan pada atribut-atribut yang dapat kita isi dengan lebih dari satu nilai, tetapi jenisnya sama.

Contoh :  Pada table dosen, kita dapat menambahkan atribut hobbi. Seorang dosen ada yang mempunyai 1 hobi, banyak hobi, bahkan ada yang tidak punya hobi.
5.  Jelaskan dan berikan contoh pengertian dari atribut turunan !
Atribut Turunan (Derived Attribute) adalah atribut yang nilai-nilainya diperoleh dari pengolahan atau dapat diturunkan dari atribut atau table lain yang berhubungan.


Contoh : Penambahan atribut tahun _masuk pada tabel dosen.
6.  Berikan penjelasan, mana yang merupakan superkey, candidate key, primary key dan foreign key dari tabel (relasi) Matakuliah, Jurusan dan Mengajar dari database Penjadwalan_mengajar_dosen ?
Superkey= nid, nama_d, tempat_lhr, tgl_lahir, jkelamin, alamat, kota, kodepos, gajipokok


Candidate key = (nama_d),

Primary  key = nid

Foreign key = nid, kdmk dan kode_jur
Semoga bermanfaat dan jangan lupa share teman sekelas ya agar bisa dapat nilai A. Masuk bareng lulus juga harus bareng, jangan pelit ilmu antara teman sekelas. Terimakasih!
 
Jangan lupa kunjungi maswijaba untuk artikel bermanfaat lainnya.

Post a Comment for "Pengertian Key & Atribut Deskriptif, (Superkey, Candidate Key, Primary Key), Atribut Sederhana & Komposit, Atribut Turunan"